Timnas

6 Rekor 'Gila' Shin Tae Yong Selama Melatih Timnas Indonesia

Afif Dalma Afif Dalma
June 16, 2024
0 Comments
Home
Timnas
6 Rekor 'Gila' Shin Tae Yong Selama Melatih Timnas Indonesia
Shin Tae Yong dan Ragnar Oratmangoen

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, berhasil mencatatkan rekor baru setelah berhasil membawa skuad Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pelatih asal Korea Selatan itu menjadi pelatih Timnas pertama dalam sejarah sepak bola Tanah Air yang berhasil menorehkan beragam pencapaian gemilang.

Seperti diketahui, Shin Tae Yong sudah menjabat menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Selama memimpin Tim Garuda, Shin Tae Yong berhasil mencatatkan sejarah baru dan membuat Timnas Indonesia mulai bangkit dari masa keterpurukan. Berikut daftar prestasi Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia.

1. Lolos Piala Asia dua kali berturut-turut lewat jalur kualifikasi 

Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae Yong berhasil lolos ke Piala Asia secara back to back lewat jalur kualifikasi. Di Piala Asia 2023 Qatar Tim Garuda memulai langkahnya dari babak playoff melawan China Taipei. Kemudian di babak kualifikasi Indonesia berhasil memenangi persaingan ketat dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Kemudian Indonesia kembali mengunci tiket Piala Asia 2027 di Arab Saudi setelah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Terdapat 18 tim yang sudah otomatis lolos ke Piala Asia 2027, sehingga hanya tersisa 6 slot yang tersedia. 

2. Melaju ke fase gugur Piala Asia 2023

Shin Tae Yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke fase gugur alias babak 16 besar Piala Asia 2023. Tercatat Indonesia sudah tampil sebanyak lima kali di kompetisi tertinggi sepak bola Asia tersebut.

Di Piala Asia edisi 2023 Indonesia tergabung di grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Tim Garuda berhasil lolos ke fase gugur sebagai peringkat 3 terbaik. Hasil ini mereka dapatkan setelah menelan dua kekalahan dan satu kali menang dengan torehan 3 poin. Namun langkah Tim Garuda harus terhenti di babak 16 besar, setelah ditekuk Australia dengan skor telak 4-0. 

3. Lolos ke Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya

Shin Tae Yong menjadi pelatih pertama yang berhasil mengantarkan Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2024. Indonesia memulai langkah mereka dari babak kualifikasi. Tim Garuda Muda tergabung di grup K bersama Turkmenistan dan China Taipei. Sedangkan Korea Utara memutuskan untuk mundur dari babak kualifikasi, sehingga hanya menyisakan tiga tim saja. 

Timnas Indonesia U-23 yang berstatus sebagai tuan rumah berhasil meraih poin penuh di babak kualifikasi. Tim Garuda Muda berhasil mencukur China Taipei 9-0, serta membungkam Turkmenistan 2-0. Hasil tersebut membuat skuad asuhan Shin Tae Yong berhasil menyegel tiket ke Piala Asia U-23 2024 Qatar dengan status sebagai juara grup K.

4. Semifinalis Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 tampil sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 2024. Meski begitu, skuad Garuda Muda mampu mencatatkan prestasi tinggi karena berhasil melaju sampai ke babak semifinal.

Di kompetisi ini Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Menjadi tim yang tidak diunggulkan, Timnas U-23 justru tampil sangat mengejutkan. Tim Garuda berhasil menjadi runner-up grup A setelah mengoleksi 6 poin dari hasil sekali kalah melawan Qatar, dan dua kemenangan melawan Australia dan Yordania.

Sayangnya Tim Garuda Muda harus puas finish sebagai juara keempat. Selain itu, Indonesia juga harus mengubur mimpi untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 setelah kalah di babak playoff melawan wakil Afrika, Guinea. 

5. Lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae Yong kembali mengukir sejarah setelah berhasil membawa Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda menjadi runner-up grup F di bawah Irak, dengan koleksi 10 poin. Indonesia meraih hasil tiga kali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Menariknya, Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tentunya ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi Thom Haye dan kawan-kawan.

6. Menaikkan ranking FIFA dari peringkat 173 ke 134 dunia

Ranking FIFA Indonesia pernah terjun drastis hingga ke peringkat 179 dunia. Ini terjadi lantaran kacaunya situasi sepak bola saat itu yang berdampak pada jatuhnya ranking FIFA Indonesia. Namun berkat kehadiran Shin Tae Yong, peringkat FIFA Indonesia mulai membaik, bahkan naik dengan sangat drastis.

Kini Indonesia menempati peringkat 134 dunia setelah meraih hasil positif di ajang Piala Asia 2023 dan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Peringkat FIFA Tim Garuda diprediksi akan terus melonjak jika berhasil meraih hasil positif di putaran ketiga nanti.

Itulah daftar rekor Shin Tae Yong selama menjadi pelatih Timnas Indonesia. Berkat deretan hasil positif yang diraihnya, Shin Tae Yong dipastikan mendapat perpanjangan kontrak hingga tahun 2027 mendantang. Hal tersebut membuatnya tercatat sebagai pelatih terlama sepanjang sejarah yang menukangi Timnas Indonesia.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)