Timnas

Magis Shin Tae Yong Bawa Indonesia Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Afif Dalma Afif Dalma
June 12, 2024
0 Comments
Home
Timnas
Magis Shin Tae Yong Bawa Indonesia Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Gol pertama Thom Haye untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos otomatis ke Piala Asia 2027 Arab Saudi. Hal ini berkat kemenangan 2-0 atas Filipina pada matchday terakhir putaran kedua di SUGBK (11/6/2024). Indonesia lolos sebagai runner-up grup F bersama Irak sang pemuncak klasemen.

Pada laga melawan Filipina, Indonesia baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-33. Sepakan keras Thom Haye dari luar kotak penalti tidak mampu ditepis oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. 

Penjaga gawang yang juga bermain untuk Persib Bandung tersebut kembali kebobolan lewat skema set piece pada menit ke-56. Umpan cantik Nathan Tjoe-A-On berhasil disambar oleh sundulan Rizki Ridho dan membawa Indonesia unggul 2-0.

Skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Hasil tersebut membuat Indonesia mengemas 10 poin serta mengunci posisi sebagai runner-up grup F. Sementara itu, Irak berhasil membungkam Vietnam dengan skor 3-1 di Basra, sehingga membuat tim berjuluk singa mesopotamia kokoh di puncak klasemen dengan torehan poin sempurna.

Sentuhan magis Shin Tae Yong sukses membawa banyak perubahan besar untuk skuad Garuda. Pelatih asal Korea Selatan itu kembali mencatatkan sejarah baru setelah meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebelumnya Shin Tae Yong berhasil membawa Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023, serta mengantarkan tim Garuda muda menjadi juara empat di ajang Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam, Thailand dan Malaysia telah tersingkir setelah finish di posisi ketiga klasemen akhir. Sedangkan Singapura, Myanmar dan Filipina menempati posisi sebagai juru kunci klasemen masing-masing.

Ini menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Indonesia berhasil lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia. Timnas Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat Asia sekaligus langganan Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Arab Saudi. 

Tercatat ada 18 tim yang ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Nantinya, 18 tim tersebut akan dibagi ke dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam tim.

Seluruh tim akan memainkan pertandingan dengan format kompetisi penuh kandang dan tandang, sehingga setiap tim akan bermain sebanyak 10 kali. Hanya dua tim peringkat atas dari masing-masing grup yang lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Pertandingan putaran ketiga akan dimulai pada bulan September 2024 sampai Juni 2025. Adapun jadwal undian drawing pembagian grup untuk putaran ketiga akan dilakukan pada akhir Juni 2024 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)