Pengetahuan

4 Tim yang Punya Julukan Burung Elang di Euro 2024

Afif Dalma Afif Dalma
June 18, 2024
0 Comments
Home
Pengetahuan
4 Tim yang Punya Julukan Burung Elang di Euro 2024

Kompetisi Euro 2024 akan berlangsung mulai 14 Juni sampai 14 Juli 2024 dimana Jerman menjadi tuan rumahnya. Total ada 24 negara peserta yang akan memperebutkan trofi juara edisi kali ini. Seperti diketahui, Euro atau Piala Eropa merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi bagi tim nasional di benua Eropa.

Bahkan kemeriahan Euro bisa dibilang hampir sejajar dengan Piala Dunia FIFA. Antusiasme dari para pendukung sepak bola membuat gelaran akbar antarnegara Eropa ini begitu ditunggu dan dinikmati.

Di antara semua tim yang berpartisipasi, ada empat negara yang tim nasionalnya memiliki julukan hewan, khususnya burung elang. Penasaran negara apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Albania mengambil referensi dari simbol negara sebagai julukan mereka

Albania kembali ikut berpartisipasi di ajang Euro 2024. Sebelumnya mereka gagal melaju ke putaran final Euro 2020 setelah finish di posisi keempat babak kualifikasi. Namun, di edisi kali ini Albania berhasil tampil mengejutkan sebagai juara grup E di kualifikasi Euro 2024. Di putaran final Euro 2024 Albania tergabung di grup B yang juga dianggap sebagai grup neraka.

Mereka akan bersaing dengan raksasa Eropa seperti Italia, Spanyol, dan Kroasia. Timnas Albania dikenal dengan julukan Shqiponjat yang berarti arti burung elang. Julukan tersebut mengacu pada elemen yang ada pada bendera nasional Albania.

Bendera merah dengan elang berkepala dua berwarna hitam telah lama menjadi simbol bangsa negara Albania. Meski begitu, Albania juga memiliki julukan lain, yakni Kuqezinjte yang berarti merah dan hitam. Julukan tersebut juga berasal dari bendera nasional negara tersebut yang berwarna dasar merah dan hitam.

2. Negara pecahan Yugoslavia, Serbia identik dengan julukan elang putih

Serbia bisa dibilang menjadi salah satu tim debutan di kompetisi Euro 2024. Sebelumnya tim berjuluk Orlovi memang pernah tampil beberapa kali pada gelaran Euro, akan tetapi saat itu mereka masih menjadi bagian dari Yugoslavia. Di edisi terbaru, yakni Euro 2024, Serbia berhasil lolos dari babak kualifikasi setelah menjadi runner-up grup G. 

Di putaran final Euro 2024 Serbia tergabung di grup C bersama Slovenia, Denmark, dan Inggris. Timnas Serbia dihuni oleh beberapa pemain ternama yang berkarier di klub-klub top Eropa. Salah satunya tentu saja Dusan Vlahovic, penyerang milik klub Juventus yang penampillannya sangat dinantikan.

Serbia menjadi tim selanjutnya yang juga menggunakan burung elang sebagai julukan mereka. Tim ini memiliki julukan Orlovi yang artinya elang putih. Orlovi sendiri mengacu pada elang putih berkepala dua dengan tubuh perisai yang ada pada simbol negara Serbia. 

3. Polandia tim kuda hitam yang juga menggunakan burung elang sebagai julukannya

Polandia kembali berpartisipasi di ajang Euro pada empat edisi terakhir secara berturut-turut. Euro 2024 menjadi kali kelima mereka ikut berpartisipasi. Sayangnya mereka tampil kurang impresif di sepanjang babak kualifikasi. 

Tim yang dihuni pemain bintang, Robert Lewandowski, harus puas finish di posisi ketiga grup E Kualifikasi Euro 2024. Meski begitu, Polandia tetap diperhitungkan karena statusnya sebagai tim kuda hitam. di Euro 2024 mereka akan bersaing tim unggulan seperti Belanda, Prancis, dan Austria.

Timnas Polandia memiliki julukan Orly yang memiliki arti si elang. Julukan tersebut diambil berdasarkan lambang negara Polandia, yakni elang putih bermahkota dengan latar belakang berwarna merah. Tim ini juga punya julukan lain, yakni Bialo-Czerwoni yang berarti putih-merah yang menjadi warna nasional negara tersebut.

4. Julukan Slovakia dicetuskan langsung oleh federasi sepak bola Negara tersebut

Slovakia kembali berpartisipasi di Euro 2024 setelah tampil impresif di babak kualifikasi. Mereka finish sebagai runner-up grup J di bawah Timnas Portugal. Di putaran final Euro 2024 mereka berada di grup E bersama Belgia, Rumania, dan Ukraina. 

Pencapaian terbesar Slovakia di sepanjang edisi Euro yaitu melaju ke babak 16 besar pada edisi 2016. Kemudian di Euro 2020 mereka gagal lolos dari fase grup. Slovakia memiliki pemain ternama yang bermain untuk klub Paris Saint-German (PSG), yakni Milan Skriniar. 

Meskipun tim ini lebih dikenal dengan julukan Repre, tetapi Slovakia juga sering dijuluki sebagai Sokoli. Istilah Sokoli sendiri memiliki makna burung elang. Federasi sepak bola Slovakia mengatakan bahwa makna Sokoli mewakili ketajaman, kecepatan, ketangkasan, dan kekejaman yang dimiliki timnas Slovakia.

Itulah empat tim di ajang Euro 2024 yang memiliki julukan burung elang. Dari keempat tim tersebut, kira-kira mana yang akan berbicara banyak di edisi kali ini?

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)