Teknologi

Cara Mengatasi Kamera Redmi 9 Blank Error Tidak Bisa Dibuka

Afif Dalma
September 15, 2024
2 Comments
Home
Teknologi
Cara Mengatasi Kamera Redmi 9 Blank Error Tidak Bisa Dibuka
Cara mengatasi kamera Redmi 9 blank error

Tak sedikit pengguna smartphone Xiaomi Redmi mengalami kamera blank error tidak bisa dibuka. Aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka tentunya dapat menghambat aktivitas pengguna yang membutuhkan akses kamera untuk mengambil foto maupun video.

Masalah kamera tidak berfungsi memang kerap terjadi di beberapa tipe hp Redmi, termasuk salah satunya Redmi 9. Kamera belakang Redmi 9 yang mengalami masalah error ditandai dengan munculnya pesan "Can't connect to the camera. This App will be close in 5 secs. After this, wait a minute or two and try again". 

Lantas bagaimana cara mengatasi kamera Redmi 9 error tidak bisa dibuka? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Penyebab kamera Redmi 9 tidak bisa dibuka

Kamera Redmi 9 yang tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya misalnya karena penumpukan file cache serta memori internal penuh, sehingga aplikasi kamera tidak bisa berjalan dengan lancar. Kemudian kamera error juga bisa disebabkan karena adanya bug setelah update MIUI.

Selain karena masalah perangkat lunak, kamera Redmi 9 yang tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan akibat adanya kerusakan pada hardware. Biasanya hal ini terjadi karena perangkat kamera atau CPU rusak. Penting untuk mengetahui penyebab-penyebab tersebut agar dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah penyebab umum kamera Redmi 9 tidak bisa dibuka.

1. Cache kamera menumpuk

Cache merupakan data sementara yang tersimpan di sebuah website atau aplikasi yang berfungsi untuk mempercepat proses loading dari suatu halaman web atau performa sebuah aplikasi. Namun dampak buruknya, cahce dapat membuat memori internal cepat penuh, terlebih lagi kalau ukuran aplikasinya besar. 

Nah, cache yang penuh dan menumpuk dapat menyebabkan sebuah aplikasi jadi tidak bisa berjalan dengan lancar. Jika aplikasi kamera. Masalah cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab kamera Xiaomi menjadi blank dan bermasalah.

2. Konflik dengan aplikasi pihak ketiga

Error pada kamera Redmi 9 juga bisa disebabkan karena konflik dengan aplikasi pihak ketiga yang terinsal pada ponsel. Biasanya aplikasi yang diinstal di luar Google Play Store tidak kompatibel dengan smartphone Xiaomi sehingga menyebabkan konflik dengan kamera bawaan.

Apalagi saat ini marak terjadi modus penipuan menggunakan file AP dan sudah banyak memakan korban. Oleh karena itu pengguna harus cermat ketika ingin menginstal aplikasi pihak ketiga dari internet.

3. Bug pada MIUI

Tak sedikit pengguna Redmi yang mengalami kamera blank dan tidak bisa dibuka setelah mengupdate MIUI ke versi terbaru. MIUI sendiri memang sering dikeluhkan oleh para pengguna Xiaomi karena sering terdapat bug yang menganggu kenyamanan.

Bug yang terdapat di MIUI juga dapat mempengaruhi fungsi dari aplikasi kamera. Tak heran kalau banyak pengguna hp Redmi yang ragu untuk mengupdate perangkat mereka.

4. Adanya kerusakan hardware

Selain masalah perangkat lunak atau software, kamera error juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan hardware. Komponen fisik seperti modul kamera, sensor kamera, atau bahkan CPU mungkin mengalami suatu kerusakan.

Tentunya kalau sudah menyangkut masalah perangkat keras satu-satunya solusi yaitu membawa ponsel ke service center. Jika dibiarkan terlalu lama, tak menutup kemungkinan kerusakannya akan merambat ke komponen-komponen fisik lainnya dan bisa menyebabkan smartphone mati total (matot).

Cara mengatasi kamera Redmi 9 tidak bisa dibuka

Perlu diketahui bahwa masalah kamera error memang sering terjadi pada hp Redmi tipe lawas seperti Redmi Note 9, Redmi 9, Redmi Note 8, Redmi 8 dan tipe lama lainnya. Sedangkan pada hp Redmi tipe terbaru bisa dibilang cukup stabil karena hampir tidak pernah ditemukan masalah seperti ini. Adapun berikut cara mengatasi kamera Redmi 9 yang tidak bisa dibuka.

1. Restart smartphone

Metode pertama yang bisa dilakukan sebagai upaya memperbaiki kamera hp Redmi error adalah dengan melakukan restart pada perangkat. Cara ini biasanya dapat mengatasi kamera bermasalah yang disebabkan karena hal sederhana, seperti RAM penuh.

2. Hapus data aplikasi kamera

Namun jika cara di atas tidak dapat mengatasi masalah yang ada, langkah selanjutnya yaitu cobalah untuk menghapus data aplikasi kamera. Data dan cache yang penuh dapat menyebabkan kamera tidak berjalan dengan baik. Setelah menghapus data, maka aplikasi kamera akan kembali ke setelah default.

3. Factory Reset Redmi

Jika masalah kamera terjadi karena kesalahan sistem atau perangkat lunak, maka solusi terakhir tapi bukan solusi terbaik yaitu dengan melakukan factory reset. Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik (factory reset) tentunya sangat merepotkan karena akan menghapus semua data dan aplikasi yang sudah diinstal. Sebelum melakukan factory reset, pastikan untuk backup semua data penting ke memori eksternal atau komputer.

4. Downgrade MIUI

Jika kamera mengalami error setelah mengupdate MIUI, maka solusinya yaitu dengan melakukan downgrade MIUI ke versi sebelumnya atau ke versi yang kompatibel dengan kamera pada perangkat. Untuk downgrade MIUI juga caranya tidak terlalu ribet, bahkan langkah-langkahnya bisa dipahami oleh pemula.

5. Melakukan Reball CPU

Namun jika error pada kamera terjadi karena masalah perangkat keras khususnya CPU, maka solusinya yaitu dengan melakukab reball CPU. Adapun reballing CPU sendiri merupakan proses penggantian bola solder CPU yang rusak atau pecah.

Selain dapat memperbaiki kamera error, reball CPU juga dapat membantu meningkatkan kinerja CPU secara keseluruhan. Biaya untuk reball CPU juga bervariatif, kisaran 400-600 ribu rupiah.

Kesimpulan

Mengatasi kamera hp Redmi 9 dan Redmi Note 9 memang susah-susah gampang. Pasalnya ada beberapa penyebab yang membuat kamera Redmi 9 menjadi blank error tidak bisa dibuka. Namun jika merasa tidak yakin dengan penyebabnya, cobalah bawa perangkat ke service center untuk di cek lebih detail. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

2 comments

  1. Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    September 17, 2024
    kemarin pernah nih blank camera, sampe melakukan soft reset dan safe mode, tapi masih belum berhasil. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan hard reset dan berhasil mengembalikan HP saya ke kondisi semula.
  2. mas Dirman
    mas Dirman
    September 17, 2024
    Waah harus disimpan ini informasinya, siapa tahu nanti punya gawai bermerk redmi ini kan?

    Aku juga senangnya biasanya mencoba memperbaiki sendiri, tapi supaya tidak beresiko ya sebaiknya langsung dibawa ke service centre saja kali ya?
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)